Smartfren Mengancam Oprekers Andromax Karena Suka Unlock



Halo sob,apa kabar?

Jumpa lagi dengan sobatekno


apa jadinya jika sobat tiba tiba medapat peringatan dari Smartfren karena suka menjamah smartphone andromax? Sakitnya luar biasa, ya belum lama ini pihak smartfren mengeluarkan kata kata yang membuat takut para oprekers sekaligus membuat geli geli gimana gitu. Smartfren secara terang terangan mengecam siapa saja oprekers yang suka unlock andromax. Kenapa demikian? Coba baca ulasan berikut ini :

“Piranti lunak pada semua perangkat Andromax telah dilindungi oleh hukum yang berlaku. Tidak dianjurkan untuk melakukan perubahan piranti lunak dengan metode apapun (Rooting, Modifikasi Kernel, Modifikasi Bootloader, ROM dan sebagainya) selain yang telah disediakan oleh PT Smartfren Telcom. Hal tersebut akan mengakibatkan menurunnya kinerja perangkat(multifungsi) serta hilangnya ganransi dan purna jual“.



Nah itu sedikit tulisan yang saya dapat dari situs smartfren sendiri. Ngeri kan?

Smartfren sendiri sebenarnya sudah sering melakukan update kernel agar keamanan kernel tidak mudah di bobol. Lantas apa yang mendasari smartfren geram terhadap para opreker andromax? Tidak lain karena biasanya oprekes suka root dan unlock smartphone mereka agar bisa di gunakan di dual GSM. Dan tidak menggunakan kartu smartfren itu sendiri. Mungkin pendapatan dari banyaknya hasil unlock membuat smatfren merugi. Tidak segan segan pihak smartfren juga akan menindaklanjuti dan akan mengenakan hukuman bagi yang masih sering unlock smartphone dari pihaknya. Wah ngeri juga ya.

Pendapat saya sob:

Sebenarnya pihak smartfren berlebihan dalam kasus ini, kenapa? Dari sisi OS, smartfren menggunakan android? Sebagaimana mestinya, android adalah open source yang memang secara terang terangan membebaskan penggunanya untuk melakukan modifikasi, mulai dari tampilan ataupun sampai system.

dari segi penjualan, nantinya para oprekers atau pemburu hp smartfren yang suka mengoprek HPnya akan meninggalkan smartfren karena ancaman tersebut. Dan itu malah menjadi kerugian tersendiri bagi smartfren.

Kenapa smartfren tidak mengembangkan system android seperti XIAOMI yang mempunyai OS sendiri? Yaitu MIUI? Kan mallah bisa jadi nilai tambah tersendiri bagi pihak smartfren? Atau kenapa tidak mengumpulkan oprekers android untuk bersama sama mengembangkan OS ANDROID yang ada di smartfren.

Memang, resiko sob dari unlock dan root biasanya berdampak pada kinerja HP itu tersendiri. Tapi pasti oprekers juga sudah tahu dan sudah berani mengambil resiko. Kalo sudah sekali terjun ke oprekers HH nya memang sudah hilang masa garansi. Kalau menurut sobat seperti apa?

Karena saya sendiri adalah seorang oprekers, sebenarnya sangat tidak setuju kalau pihak dari smartfen melakukan kecaman atau hukuman bagi para oprekesnya. Sangat penting berkarya dan terus berkarya. Tapi memang saya salut dengan pihak smartfren hehe. Pihak lain berlomba lomba memperbanyak variasi android. Sedangkan pihak smartfren sibuk mengurusi oprekersnya sering unlock.



Previous
Next Post »

7 comments

Write comments
March 15, 2017 at 4:58 AM delete

Ga ada salahnya sih, bener juga.. Karena smartfren membayar ke pihak pabrik agar harga jual andromax di indonesia lebih murah, jelas mereka akan rugi. Kalau mau cari yang bisa all gsm ya jangan beli andromax. Dan perlu diketahui, mengembangkan os itu butuh biaya yang besar, dan malah membuat harga andromax menjadi lebih mahal, padahal target andromax adalah membuat hp dgn harga terjangkau. Smartfren juga tidak mungkin mengumpulkan opreker untuk membuat mod os android, karena mungkin dinilai akan kurang stabil jika dirilis untuk user.

Reply
avatar
demdo
AUTHOR
March 15, 2017 at 4:49 PM delete

Entah knp pengalaman ane pribadi dan bukan hanya ane , tiap pegang andromax yg masih ori bawaan pabrik sering banget ada keluhan macem2 , tp setelah mod rom plus rooting , andromax ane jd lebih nyaman d pake sehari2 , jd maaf aja yaaa .. 😝😝😝

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
March 15, 2017 at 10:53 PM delete

klo harga paket internetnya bersaing(murah) mgkin gak bakalan ada unlock-unlock bgni.. :V
setuju gk brooooo......

Reply
avatar
SONNI CANDRA
AUTHOR
March 16, 2017 at 2:15 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
deddy
AUTHOR
March 16, 2017 at 2:31 AM delete

kalau masalah paketan sih gak papa mau harga berapa, tapi sinyalnya yang jelek,,

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
March 16, 2017 at 8:16 PM delete

Itukan kalimatnya "tidak dianjurkan" bukan tidak boleh atau dilarang. Jadi ya sah2 saja andromax yg sudah kita beli kita oprek. lagipula itu kita beli, perangkat sepenuhnya jd milik kita, jd bebas mau diapakan saja. Ibarat saya beli motor trua mau saya isi bbm pertamax atau air keran kan terserah si pemakai (konsekuensi garansi hangus). Kecuali kalo hp andromax yg kita beli pake sistem sewa / kontrak, barulah kita dilarang untuk oprek / modif. Cmiiw

Reply
avatar